Daftarkan email anda untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

News &Updates

Serba Serbi Konektor Jack XLR : (Info, Fungsi & Brand Terbaiknya)

23 April 2020

Konektor Jack XLR
Serba Serbi Konektor XLR atau Canon Jack Connector
 
XLR Jack konektor digunakan sebagai penghubung mic dengan mixer maupun alat lainnya. Konektor XLR ini juga sering disebut sebagai input balanced atau keseimbangan. Konektor XLR ini biasanya ada pada paket mikrofon Shure yang memiliki peran aktif dalam kegiatan rekaman.  Kebanyakan perangkat studio ini menyediakan pilihan untuk bisa menggunakan konektor jenis ini, selain itu akan bisa menyalurkan sinyal ke perangkat lainnya. Konektor XLR memiliki tiga buah konfigurasi 3 ini yang mana fungsinya akan sama persis dengan 1/4“ dari TRS balanced meski tampilannya jauh berbeda. 
 
Dua pin ini digunakan sebagai transmisi sinyal dengan cara tertentu yang mana fungsinya untuk membuang noise dan yang satu pin lagi adalah ground yang mana berlaku sebagai sumber referensi dari tegangan. Konektor XLR ini sangat bagus dengan harga tidak mahal dan menjadi hal yang mudah untuk menekan sinyal yang tidak diinginkan untuk ikut terbawa.
 

Jenis XLR Jack Konektor Male dan Female

Jenis Konektor Male dan Female
XLR Jack konektor memiliki dua jenis konektor yaitu male dan juga female. Untuk yang male atau laki-laki ini akan memiliki konektor besi yang memanjang dan jumlahnya tiga sedangkan untuk female ini akan memiliki lubang dengan susunan 3 lubang untuk pasangannya. Konektor jack ini ada  yang ditempatkan pada body casing dan yang lainnya seperti mixer audio, soundcard, dan perangkat koneksi audio yang lain.
 

Sejarah dan Fungsi Konektor XLR 

Konektor XLR sendiri adalah sambungan yang diketemukan oleh James H. Cannon. Perusahaan ini memiliki nama Cannon Electric dengan hasil produksi yang mana diberikan nama Cannon X.  Setelah dikembangkan dengan adanya latch kemudian bagian part diberikan nama XLR. Selain XLR perusahaan ini juga memproduksi yang namanya XLP yang menggunakan isolasi plastik namun komponen lainnya sama dengan yang XLR. Fungsinya pun sama yaitu sebagai penghubung input masukan dari microphone dan kadang dijadikan sebagai penghubung dengan mixer profesional. 
 

Cara Menyambung Kabel Balanced XLR

Untuk pemasangan kabel XLR dan penyambungannya sendiri bukanlah hal yang mudah. Alasannya adalah ada beberapa perangkat audio yang tidak compatible dengan konektor mikrofon balanced ini. Prinsipnya konektor balanced XLR hanya bisa dipasang di stereo sehingga saat akan melakukan pemasangan ini kompatibilitasnya harus benar-benar diperhatikan.
 
Untuk melakukan penyambungan ini yang bisa Anda lakukan adalah meletakkan badan, api, dan juga ground secara tepat.  Yang di lakukan selanjutnya adalah memotong konektor dari kabel dan hati-hati lah saat akan melucuti kabel, menggunakan pisau jauh lebih bagus dan disarankan dibandingkan dengan kuku.
 
Sebagian besar konektor ini memiliki tiga atau empat kabel yang melewatinya seperti merah, hijau, atau biru. Jika ada empat kabel kemungkinan ada dua yang telanjang dengan lapis tembaga, untuk warna merah adalah saluran yang benar, hijau atau biru kiri, dan kawat telanjang adalah tanah. Warna-warna ini bisa berbeda namun saluran yang selalu tepat adalah merah. Untuk bagian dasar pilih yang warnanya lapis dengan tembaga. 
 
Sekarang Anda sudah siap untuk pemasangan. Pemasangannya bisa dengan menyelipkan konektor ke kabel. Bungkus kawat yang sesuai ke masing-masing konektor kemudian kencangkan sekrup agar tidak tergelincir. Setelah semuanya selesai pastikan tidak ada kabel yang berlebihan dan menonjol atau menyentuh kabel lainnya. Jika perlu Anda bisa mengisolasi tiap kawat lebih lanjut. 
 
 

Cara Menyambung Kabel Mic

Banyak pemula yang bingung tentang bagaimana cara menyambung kabel mic ini.  Hal itu dikarenakan mixer audio tidak menggunakan jack atau colokan namun menggunakan konektor XLR agar suaranya menjadi lebih keras. Hal yang sering bermasalah adalah mic yang bermasalah harus segera diatasi agar tidak merembet ke bagian yang lainnya. Ciri mic yang bermasalah adalah muncul suara berisik ketika mic tersebut dipegang, kadang mic menyala dan kadang tidak. Kerusakan yang terakhir adalah mati total atau tidak mengeluarkan bunyi sama sekali.  
 
Untuk penyambungannya Anda bisa mengupas terlebih dahulu bagian kabel sehingga terbuka di bagian intinya kemudian buka pada bagian jack female dengan cara memutar body penutupnya.  Setelah itu sambungkan kabel dan solder, untuk menentukan fungsi dari setiap kontak Anda bisa melihat nomor pada female body mic dimana nomor 1 menandakan ground nomor 2 untuk hot dan nomor 3 untuk cold. Hubungkan dan solder ketiga kabel tersebut jika sudah selesai pasangkan kembali body penutup pada konektor XLR female.
 
Jika Anda masih bingung untuk menentukan pasangan dari setiap kontak Anda bisa menyiapkan avometer sebagai alat pengecekan, siapkan konektor XLR yang akan di eksekusi, setelah itu letakkan selektor switch AVO pada bagian tahanan antara 1x sampai dengan 10x. Lakukan kalibrasi dengan menghubungkan kedua jarum pengarah – dan  + sehingga gerakan cepat pada jarum menunjuk pada layar yang menunjukkan jika alat dalam keadaan baik. Dengan cara tersebut Anda bisa mengetahui kontak hubung dan bisa menghubungkan kabel dengan benar sesuai dengan fungsinya.
 

Rekomendasi XLR Jack Konektor Terbaik

  1. Konektor XLR NC3FXX
    Konektor XLR NC3FXX
    Merupakan konektor XLR dengan 3 lubang dengan bahan nikel dan juga perak. Konektor ini menjadi generasi berikutnya dari konektor kabel XLR yang di edarkan di seluruh dunia. Konektor ini menjadi penerus seri X yang menawarkan beberapa fitur terbaru yang membuatnya lebih andal dan meningkatkan integritas kontak dan menghindarkan dari ketegangan kabel.

    Fitur yang dimiliki oleh konektor NC3FXX pun sangat mumpuni dan memuaskan penggunanya. Desain sangkar unik kontak untuk resistensi yang lebih rendah dan juga integritas yang lebih tinggi. Female contact yang menjadikan penghalang solder untuk bisa mencegah solder masuk ke dalam area contact mating.  Konektor female dengan kaitan logam padat yang lebih mudah di handle, tambahan kontak ground yang bisa ditingkatkan lebih baik lagi. Desain yang ramping dan ergonomis yang berharga dan praktis, utas internal pada shell yang terlindungi dengan baik dari kerusakan, pereda tegangan tipe chuck yang bisa ditingkatkan untuk memberikan gaya tarikan yang lebih tinggi dan membuat perakitan menjadi lebih mudah dan cepat. 

    Klik Disini Untuk Info : Konektor XLR C3FX
     
  2. Konektor XLR NC3MXX-WT
    Konektor XLR NC3MXX-WT

    NC3MXX-WT konektor laki-laki atau male yang menjadi generasi berikutnya konektor kabel XLR dan menjadi penerus seri X untuk menawarkan berbagai macam fitur baru yang akan membuatnya menjadi lebih andal sehingga lebih memuaskan ketika digunakan. Fitur ini akan mampu melakukan integritas kontak dengan mudah dan juga mengurangi ketegangan kabel.

    Fitur dan manfaat yang bisa didapatkan adalah konektor male dengan reses penguncian yang bisa ditingkatkan menjadi lebih baik lagi, housing yang jauh lebih ketat berfungsi untuk meningkatkan daya tahan. Pereda regangan tipe chuck yang bisa ditingkatkan sehingga perakitan lebih mudah dan juga lebih cepat, desain ramping dan ergonomis, berharga dan juga lebih praktis, utas internal di dalam shell yang lebih terlindungi dengan baik sehingga mencegah adanya kerusakan.

    Klik Disini Untuk Info Konektor XLR C3MXX-WT
     
  3. Konektor XLR NC3MXX-B
    Konektor XLR NC3MXX

    NC3MXX-B memiliki tiga lubang kabel konektor yang mana housing terbuat dari metal dan kontak dari gold. Menjadi generasi penerus kabel konektor XLR yang mana memberikan beberapa fitur baru yang lebih andal. 

    Ada beberapa fitur dan manfaat yang ditawarkan oleh male connector satu ini yaitu reses penguncian yang bisa ditingkatkan tanpa jendela, housing yang lebih  ketat dan meningkatkan daya tahan, pereda regangan tipe chuck yang bisa ditingkatkan dan memberikan gaya tarik lebih tinggi sehingga perakitan lebih mudah dan cepat. Diecast shell yang lebih kokoh, tahan lama dan dapat ditingkatkan, utas internal pada shell yang lebih terlindungi dengan baik dari kerusakan, dan lain sebagainya.

    Klik Disini Untuk Info Konektor XLR C3MXX-B

     
  4. Konektor XLR NC3FXX-BAG
    Konektor XLR NC3FXX-BAG
    Rekomendasi XLR jack terbaik selanjutnya adalah NC3FXX-BAG.  Dimana konektor ini memiliki desain yang unik untuk resistensi kontak yang lebih rendah dengan integritas tinggi, female contact yang bisa dijadikan sebagai penghalang solder untuk masuk ke contact mating area, selain itu dilengkapi dengan kontak ground spring tambahan untuk kontinuitas ground shell yang lebih baik lagi dan masih banyak lagi lainnya.

    Klik Disini Untuk Info : Konektor XLR NC3FXX-BAG
     
  5. Konektor XLR NC4FXX
    Konektor XLR NC4FXX

    NC4FXX dilengkapi dengan 4 lubang konektor female dengan housing dari nikel dan kontak perak. Fitur dan manfaatnya pun sangat banyak salah satunya adalah desainnya yang unik dan integritas tinggi. Desain ramping dan juga ergonomis  lebih berharga dan lebih praktis, boot dengan polyurethane yang bisa memberikan perlindungan lebih tinggi terhadap tekukan kabel, dan beberapa fitur unik yang lainnya.

    Klik Disini Untuk Info : Konektor XLR NC4FXX
 

PENUTUP

Demikianlah beberapa konektor yang bisa Anda pilih karena memang kualitasnya yang bagus dan memiliki performa terbaik. Untuk mendapatkan XLR jack terbaik belilah di distributor resmi dan terpercaya seperti Goshen Swara Indonesia agar barang audio Anda menjadi sangat awet dan berumur panjang, hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Related News