Home News & Updates Jurus Jitu Membangun Fanbase Band Indie Kamu Lewat YouTube

News &Updates

Jurus Jitu Membangun Fanbase Band Indie Kamu Lewat YouTube

01 Februari 2018

Bagi pemusik yang tergabung dalam sebuah kelompok band indie, jangan ragu memanfaatkan YouTube untuk mendongkrak popularitas band kamu secara mandiri. Dengan pengelolaan yang tepat, platform berbagi video ini sangat ampuh untuk membangun fan base sebuah band indie.  Caranya adalah dengan membuat sebuah channel yang merepresentasikan band anda, kemudian dikelola secara rutin dengan mengupload video mingguan.  Cara ini efektif untuk mengelola fan base sebuah band indie dengan meningkatkan jumlah view channel anda dan mendatangkan penggemar-penggemar baru (subscriber) sekaligus untuk menjaga hubungan dengan fans-fans lama.

Video seperti apa yang harus dipublikasikan?

Dinamika dan konsistensi dalam mengunggah video secara mingguan sangat menentukan efektifitas upaya anda membangun fanbase melalui YouTube ini.  Berikut beberapa tipe video yang dapat anda publikasikan dalam rangka mengembangkan channel YouTube band indie anda :

Video Musik/Klip

Membuat video klip musik mungkin merupakan pe er tersendiri. Namun anda tidak perlu menjadikan video klip band-band papan atas yang dibuat secara profesional sebagai tolak ukur.  Jika cukup modal, silahkan buat 1-2 klip lagu jagoan dengan menggunakan tenaga profesional. Selebihnya cukup buat klip-klip sederhana yang minim biaya.  Rekaman video menggunakan smartphone saja sudah cukup. Atau berupa video slide show yang berisi foto-foto band anda. Disini kreatifitas anda memegang peranan penting. 

Yang perlu mendapat perhatian lebih adalah kualitas rekaman suara/audio karena yang anda jual adalah musik. Jika anda merekam video menggunakan smartphone, gunakan alat perekam suara tambahan yang memadai,  misalnya Shure MOTIV MV88.

Video Lirik Lagu

Video-video yang berisi lirik lagu band anda juga dapat dipublikasikan untuk lebih mendekatkan diri dengan para fans. Untuk video lirik ini tidak perlu menggunakan kamera, cukup teks lagu dengan latar belakang layar yang menarik dan sesuai dengan jenis musik yang diusung oleh band anda.

Jangan lupa untuk menautkan video lirik ini dengan video klip lagu bersangkutan untuk menambah jumlah view video atau channel anda.

Video Behind the Music

Membuat video-video yang mengekspose bagaimana proses band anda menciptakan sebuah lagu, sedang dalam proses recording atau sedang tampil diatas panggung akan efektif untuk membangun kedekatan dengan penggemar.

Anda dapat membuat video yang menceritakan mengenai konsep sebuah lagu diciptakan, atau  merekam kegiatan recording di dalam studio.

Bisa juga ketika perform di suatu event, rekamlah  aktifitas kalian selama di ruang tunggu sebelum dan sesudah pertunjukkan. Bahkan ketika kalian sedang shopping perlengkapan dan aksesoris panggung juga dapat divideokan.

Videokan juga aktivitas band ketika sedang latihan. Biasanya kesalahan-kesalahan yang terjadi selama latihan bisa menghadirkan adegan-adegan lucu secara spontan yang menghibur para fans.

Video-video yang menampilkan sisi-sisi personal para anggota band seperti ini biasanya sangat efektif menciptakan kedekatan dengan penggemar.

VLOG (Video Blog)

VLOG adalah video-video yang berisi informasi terkini seputar band anda, seperti jadwal manggung yang akan datang, rencana untuk menciptakan lagu baru, liputan pers terbaru, jadwal jumpa fans dan semua informasi apa saja seputar band anda.

Selain untuk membangun fan base, video jenis ini juga cukup efektif sebagai alat promosi jika ada jadwal manggung di masa mendatang.

Shout Out Video

Secara rutin buatlah shout out video yang didedikasikan bagi fans-fans yang paling sering berinteraksi di channel  YouTube band anda, seperti meninggalkan komentar atau melakukan sharing video anda ke sosial media lainnya. Jika memungkinkan, libatkan fans-fans loyal ini dalam video shout out tersebut, atau minimal dengan menggunakan foto atau nama akun social media mereka.

Meningkatkan View dan Subscriber

Jika channel YouTube anda sudah layak tayang atau sudah cukup merepresentasikan brand image dari band indie anda, selanjutnya memikirkan bagaimana cara menigkatkan jumlah view dan subscriber ke channel anda.

Meningkatkan jumlah view dan subscriber ini dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan metode organik maupun metode berbayar.

Metode organik dapat dilakukan dengan membagikan video-video anda melalui media sosial lain seperti Facebook , Twitter dan Tumblr , menggunakan mailing list atau melalui website.  Seain itu anda juga dapat memperhatikan SEO (search engine optimization) untuk video-video anda, yaitu dengan cara memasukkan meta data yang sesuai pada video-video anda seperti judul video, deskripsi serta tag sehingga meningkatkan peluang video anda muncul di hasil pencarian di YouTube dan Google ketika pengguna sedang mencari video-video yang berhubungan dengan channel anda, dalam hal ini musik dan lagu.

Khusus untuk cara berbayar, ada banyak metode yang tersedia dapat anda gunakan, namun sebaiknya anda berhati-hati karena tidak semua metode yang tersedia cukup aman. Beberapa justru akan beresiko bagi channel anda karena ada jasa yang menawarkan untuk meningkatkan jumlah view dan subscriber channel/video anda dimana mereka menggunakan bot yang berjalan secara otomatis yang beresiko membuat channel anda di banned atau di suspend oleh YouTube.

Berikut kami paparkan beberapa metode berbayar untuk meningkatkan jumlah view dan subscriber di channel band indie anda :

YouTube Ads (Aman)

Menggunakan faslitias iklanYouTube Ads adalah cara paling aman untuk mempromosikan video atau channel anda agar tidak beresiko disuspend. Anda hanya perlu memperhitungkan budget dan efektifitasnya saja.  Anda dapat mempelajari detail pemasangan iklan YouTube di https://www.YouTube.com/yt/advertise/.

YouTube SEO Software (Aman)

Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa secara organik, untuk meningkatkan peluang video anda muncul di hasil pencarian YouTube dan Google, maka anda harus mengoptimasi video anda dengan tag dan parameter-parameter yang tepat.

Nah untuk memaksimalkan hasil optimasi ini tersedia beberapa aplikasi yang dapat membantu anda melakukan optimasi. Salah satunya adalah TubeBuddy, dimana aplikasi ini bekerja di browser anda dan akan memberikan informasi mengenai usulaan tag yang harus anda gunakan serta faktor lainnya untuk mengoptimasi video anda secara maksimal termasuk juga informasi tag yang digunakan oleg channel sejenis yang mungkin saja menjadi kompetitor anda.

Channel Automation Software (Agak beresiko)

Menggunakan channel automation software ini dapat membantu anda untuk melalukan subscribe, mengirimkan pesan dan meninggalkan komentar secara massal di channel/video lainnya dengan cara mudah.  Biasanya semakin aktif kita subcribe atau mengisi komentar di video-video atau channel sejenis, maka peluang untuk mendapatkan view dan subscriber akan semakin tinggi.

Namun anda harus ekstra berhati-hati menggunakan software seperti ini. Untuk beberapa software sudah disediakan pengingat agar anda tidak melewati batas dalam menggunakanya, karena penggunaan software seperti ini secara berlebihan maka anda beresiko dianggap spammer dan channel anda bisa disuspend oleh YouTube.

Jasa View dan Subscriber Berbayar (Tidak Aman)

Di internet ada banyak jasa yang menawarkan untuk meningkatkan jumlah view dan subscriber dengan biaya-biaya tertentu yang harus anda bayarkan. Biasanya tersedia paket-paket berdasarkan jumlah subscriber yang anda inginkan. Beberapa jasa juga memberikan tambahan layanan seperti meningkatkan jumlah like dan komentar ke video-video anda.

Kebanyakan jasa-jasa ini menggunakan bot untuk menjalankan aksi mereka sementara YouTube memiliki sistem yang sudah sangat canggih untuk menilai jumlah view sebuah video dengan interaksi yang terjadi di halaman video tersebut, seperti jumlah like dan komentar. Nah bila channel atau vide anda terdeteksi menggunakan bot, akan berakibat channel anda di suspend.


Demikian beberapa petunjuk memanfaatkan YouTube untuk membangun fan base jika anda memiliki sebuah band indie. Silahkan gunakan ide-ide yang ada dalam tutorial ini dan kembangkan dengan kreatifitas-kreatifitas anda yang tak terbatas untuk meningkatkan view dan jumlah subscriber di channel anda, sehingga jumlah fans anda akan terus meningkat sejalan dengan peningkatan popularitas band indie anda. Selamat berkarya dan bermusik. 

Related News