Daftarkan email anda untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

News &Updates

MXA910 Ceiling Array Microphone Hasilkan Suara Berkualitas Dengan Perangkat Yang Tersembunyi

25 Juli 2018

Kebanyakan perusahaan menyelenggarakan AV (Audio Video) conferencing dalam ruangan yang indah namun dengan kualitas suara yang buruk. Mereka menghabiskan anggaran yang besar untuk lighting, furnitur dan proyektor di ruang conferencing padahal semuanya itu menjadi tidak berarti bagi lawan bicara yang ada diseberang sana jika kualitas suara yang dihasilkan sangat buruk.

Sebagai solusi biasanya dengan menggunakan mikrofon yang diletakkan di atas meja meeting, yang bisa dijangkau oleh masing-masing partisipan. Sayangnya mikrofon meja, yang nirkabel sekalipun, cenderung merusak tampilan ruangan dan membuat meja meeting tampak berantakan. Menggunakan mikrofon gantung dengan memperhatikan akustik ruangan secara seksama bisa jadi solusi yang efektif, sayangnya membutuhkan instalasi khusus dengan biaya mahal.  Solusi yang cukup menjanjikan tampaknya dengan menggunakan mikrofon array, hanya sayangnya mikrofon jenis inipun kelihatan janggal menempel disekeliling meja dan membutuhkan waktu setup dan pengaturan konfigurasi yang cukup lama.

Dengan menghadirkan  MXA910 Ceiling Array Microphone, Shure menawarkan solusi mikrofon AV conferencing dengan hasil suara berkualitas sekaligus perangkatnya tersembunyi (invisible)

Mengenal MXA910 Ceiling Array Microphone

MXA910 merupakan bagian dari sistem baru Microflex® Advance™ yang dipasang di plafon ruangan, sehingga tidak mengganggu dan nyaris tak terlihat. Berbeda dengan mikrofon konvensional pada umumnya, kemampuan menangkap suara (pickup) MXA910 benar-benar dapat diatur sesuai kebutuhan. Anda dapat mengatur sesuka hati anda tanpa perlu merubah arah mikrofon. Anda bahkan tidak perlu menyentuhnya.

Mikrofon MXA910 dapat dihubungkan ke prosesor audio conferencing, videocenferencing codec atau ke aplikasi videoconferencing berbasis PC. Mikrofon ini memberikan kinerja yang handal sesuai kebutuhan anda tanpa menggangu estetika visual ruangan.

Rahasianya terletak pada perpaduan teknologi mikrofon array yang canggih dengan teknologi IntelliMix® DSP Suite dari Shure. IntelliMix adalah seperangkat alat pemroses sinyal yang kuat— Steerable Coverage™, Automatic Mixing, Echo Reduction, dan Equalization—yang menawarkan tingkat pengaturan yang tak ada duanya.

Mengenal Mikrofon Array

Sebuah mikrofon array terdiri dari beberapa elemen mic yang dirangkai dengan pola tertentu dan digabungkan secara elektronis. Jenis, jumlah dan tata letak elemen-elemen mic memainkan peran penting dalam mendapatkan perilaku array yang diinginkan.  Perlu diketahui bahwa DSP harus berperan lebih dari sekedar menggabungkan semua sinyal mikrofon bersama-sama dan memanipulasi arus, seperti pada kebanyakan mikrofon array.

Menggunakan mikrofon yang tepat dengan rangkaian yang tepat dan pemrosesan sinyal yang tepat, kualitas suara dapat ditingkatkan secara dramatis. Sebagai permulaan, Anda dapat memperoleh polar pattern yang jauh lebih sempit daripada yang bisa diperoleh mikrofon konvensional (mikrofon jenis shotgun sekalipun). Hal ini memungkinkan mic menangkap suara partisipan yang duduk paling jauh tanpa gangguan noise ruangan yang berlebihan.  Suara dari seluruh penjuru ruang konferensi terdengar jelas, alami dan dapat dipahami.

Lebar dan penempatan lobus pengangkap suara (pickup lobe) juga dapat diatur, jadinya anda dapat menyesuaikan jangkauan  mikrofon dengan tata letak ruangan dan pengaturan tempat duduk dengan mudah. Apakah anda ingin mengatur pickup lobe yang sempit dan fokus ke kursi CEO atau pickup lobe yang lebar untuk menjangkau beberapa pembicara sekaligus, semuanya dapat diatur dengan mudah.

Pengaturan Audio dan Mixing Otomatis Berbasis Browser

Keistimewaan MXA910 yang sesungguhnya adalah kemudahannya dalam pengoperasian.

Anda tidak perlu bersusah payah mengatur sudut dan jarak mic ke pembicara. Melalui aplikasi berbasis browser, anda dapat mengatur pickup lobe dengan menggeser pada layar. Tidak memerlukan trigonometri. Fitur ini dinamakan Steerable Coverage™. Anda cukup mengarahkan lobe pada posisi tertentu maka akan terlihat secara akurat  area yang terjangkau. Juga tersedia fitur Auto-Configuration pada saat melakukan setup yang akan mengarahkan lobe ke pembicara.

MXA910 dapat menyediakan hingga delapan pickup lobe sekaligus,  dimana masing-masing dapat memiliki lebar yang berbeda dan menunjuk ke arah yang berbeda. Jadinya cukup satu MXA910 dipasang di atas meja meeting sudah menyediakan beberapa pickup lobe yang mengarah kesemua posisi tempat duduk. Atau bisa juga anda menggunakan satu pickup lobe saja untuk menjangkau banyak posisi tempat duduk, silahkan tentukan sendiri mana yang paling efektif di ruang meeting anda.

Dengan delapan pickup lobe, anda mendapatkan delapan output audio yang dapat dihubungkan ke prosesor audio. Selain itu ada kanal output kesembilan untuk mixer otomatis IntelliMix  built-in. Ketika seseorang berbicara, fitur ini akan memilihkan pickup lobe yang terbaik. Output dari IntelliMix ini menghilangkan kebutuhan mixer, dan sangat ideal untuk menghubungkan ke perangkat videoconference yang hanya memiliki satu input audio.

IntelliMix juga memiliki fitur built-in pengurangan gema yang mengurangi gema akustik dengan mencegah partisipan paling jauh mengaktifkan saluran mikrofon lokal. Ini sangat efektif sebagai front end untuk codec yang hanya memiliki satu saluran akustik echo canceler. Selain itu juga ada equalizer parametrik untuk setiap channel audio, yang berguna untuk menyaring noise ruangan atau kompensasi untuk anomali akustik.

Dua Fitur Tambahan : Discreet Design & Dante™

MXA910 dapat dihubungkan ke perangkat keras AV lainnya menggunakan Dante digital audio networking protocol,  jadi anda tidak akan menemukan gulungan-gulungan kabel menyertai semua teknologi dalam mic array ini. Dante memberikan audio digital murni dan Power standar melalui Ethernet dengan lebih dari satu kabel Ethernet. Protokol Dante memungkinkan audio berjalan bersamaan dengan lalu lintas lain pada jaringan tanpa melambat, sehingga Anda dapat menggunakan jaringan yang ada untuk menghubungkan komponen di ruangan yang sama atau untuk mendistribusikan audio yang seluruh fasilitas Anda. (Jika Anda perlu menghubungkan perangkat yang tidak menggunakan Dante, tersedia interface audio Dante-to-analog).

Related News