Daftarkan email anda untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

News &Updates

Bagaimana cara membersihkan Microphone?

07 September 2020

Shure telah menerima banyak permintaan untuk rekomendasi tentang cara terbaik untuk membersihkan produk. Harap dicatat bahwa Shure tidak memberikan saran mengenai metode disinfektan yang cukup efektif melawan pandemi Covid-19; pertanyaan seperti itu harus ditujukan kepada ahli pengendalian penyakit yang akurat. Artikel di bawah ini hanya berkaitan dengan informasi umum untuk metode pembersihan microphone. 
 
Kami berusaha memberikan informasi terbaik, evaluasi kami terhadap berbagai metode pembersihan ini akan terus dilakukan. Tandai dan periksa situs ini secara berkala untuk memastikan pembaharuan saat informasi baru tersedia. Harap dicatat bahwa pengamatan di bawah ini tidak menjadi jaminan apa pun terhadap kerusakan produk, tetapi didasarkan pada informasi yang kami miliki saat ini.
 
Untuk rekomendasi pertama kami, mari fokus pada "larangan". Apa saja yang tidak boleh dilakukan saat memulai membersihkan microphone, berikut beberapa hal umum yang perlu diingat:
  1. Jangan gunakan produk pembersih apa pun yang mengandung pemutih (natrium hipoklorit) pada produk Shure.
  2. Jangan gunakan hidrogen peroksida untuk membersihkan microphone kabel.
  3. Jangan gunakan alat pembersih berbahan kasar apa pun pada produk Shure, seperti sikat scrub atau sabun gosok.
  4. Jangan gunakan produk dengan cairan apa pun saat membersihkan. Kalau bisa, kurangi pengunaan cairan pada produk.
  5. Jangan gunakan alkohol gosok (Isopropyl Alkohol) pada bagian plastik bening seperti bezel layar. Jika Anda tidak sengaja melakukannya, segera lap dengan kain kering setelah dilakukan.
  6. Hindari membersihkan microphone secara tidak teratur, terutama dengan microphone kondensor. Jika Anda ingin membersihkan grille dan / atau kaca depan, lepaskan dulu dari badan microphone dan biarkan hingga benar-benar kering sebelum memasangnya kembali ke microphone.
  7. Jangan gunakan benda apa pun yang lebih kasar dari air hangat pada windscreen busa eksternal. Alkohol isopropil dapat menyebabkan warna bisa lepas dari windscreen.
Sekarang, lanjutkan ke apa yang harus di "lakukan!" Di bawah ini adalah panduan untuk membersihkan handheld microphone seperti Shure SM58, Beta58A, KSM8 dan lainnya untuk meminimalkan dampak pada microphone. Teknik ini khusus untuk WIRED microphone (Kabel microphone) dengan removable grill / windscreen yang dapat dilepas. Rekomendasi untuk bentuk microphone lainnya (seperti headset, lavalier, microphone instrumen, dan komponen wireless) akan segera hadir.
 
Membersihkan handheld:
  1. Pastikan untuk mencabut mikrofon sebelum membersihkan!
  2. Untuk saat ini, biarkan grille dan windscreen tetap menyala untuk melindungi microphone dari paparan kelembapan maupun menggunakan bahan pembersih yang tidak disengaja.
  3. Gunakan kain lembut atau sikat gigi berbulu lembut sebagai alat pembersih.
  4. Hanya gunakan sedikit pembersih - jangan sampai produk lecet.
  5. Kami telah menguji untuk pembersih yang dianjurkan sebagai berikut:
    • Air sabun ringan (yang kemudian dihilangkan dengan kain bersih dan kain lembab)
    • Tisu Desinfektan Clorox
    • Alkohol isopropil CATATAN: ini dapat menghilangkan sebagian cat dari handheld dan memengaruhi estetika microphone. Meskipun hal ini tidak mempengaruhi performa microphone, jika ini penting bagi Anda, uji terlebih dahulu di area yang tidak mencolok.
  6. Saat membersihkan, hindari kelembapan pada microphone itu sendiri. Jangan gunakan cairan pembersih ke kapsul microphone secara langsung. Jika memungkinkan, pegang microphone dengan tegak sehingga cairan berlebih akan mengalir keluar dari microphone.
  7. Hindari juga saat membiarkan cairan menggenang di konektor XLR. Jika ada celah di dekat bagian bawah, halangi dengan jari Anda atau gunakan selotip untuk menutupi lubang sementara. Anda juga dapat memasukkan handuk kertas atau bahan penyerap lainnya ke dalam konektor XLR untuk "mengelap" cairan. lepaskan bahan penyerap setelah dibersihkan agar konektor mengering.
  8. Jika microphone memiliki sakelar atau tombol apa pun, hindari area tersebut saat membersihkan.
  9. Biarkan permukaan microphone mengering sebelum digunakan.
 
Membersihkan grille:
 
Kami merekomendasikan Anda untuk menyimpan suku cadang. Jika Anda memiliki suku cadang, akan selalu ada pengganti yang siap untuk ditukar sementara yang lain dibersihkan dan dibiarkan mengering.
  1. Lepaskan grille dari microphone.
  2. Lepaskan filter pop windscreen foam di dalam grille (perhatikan bahwa windscreen mungkin menempel pada tempatnya. Jika filter pop tidak keluar dengan tarikan yang pelan, kami sarankan untuk membersihkan seluruh grille dengan filter pop pada tempatnya).
  3. Menggunakan sikat gigi berbulu lembut, bersihkan grille dengan air atau alkohol Isopropil. Jika filter pop internal dapat dilepas, grille juga dapat dibersihkan dengan air sabun yang lembut. Sudut cenderung menumpuk pada windscreen yang dapat memengaruhi kinerja microphone, jadi metode ini tidak disarankan untuk filter yang tidak dapat dipisahkan dari grille.
  4. Bilas filter pop windscreen busa hanya dengan air atau alcohol Isopropil (CATATAN: ini hanya berlaku untuk filter pop windscreen foam yang dapat dilepas di dalam grille; lihat langkah selanjutnya untuk membersihkan windscreen secara eksternal.)
  5. Hanya air hangat yang harus digunakan untuk membersihkan windscreen foam eksternal. Karena cenderung bersifat seperti spons, sabun atau deterjen cair tidak dapat dibilas sepenuhnya. Alkohol isopropil dan semprotan desinfektan Lysol akan menyebabkan warna luntur dari windscreen itu sendiri. Pengganti bersih adalah solusi terbaik!
  6. Biarkan grille dan windscreen mengering sepenuhnya sebelum dipasang kembali pada microphone.
Catatan: Jika bagian luar microphone tidak bekerja seperti biasanya, microphone belum sepenuhnya kering. Cabut kabel microphone dan biarkan microphone mengering sepenuhnya sebelum digunakan.
 
Berikut beberapa rekomendasi umum lainnya:
  1. Pastikan untuk melepaskan produk dari sumber listriknya saat membersihkan.
  2. Jika produk Anda memiliki baterai yang dapat dilepas, harap dilepaskan sebelum membersihkan produk.
  3. Biarkan produk tersebut benar-benar kering sebelum menghubungkannya kembali ke sumber listriknya atau memasang baterai kembali pada microphone.
  4. Permukaan logam pada produk Shure umumnya dicat atau dilapisi bubuk, sehingga tahan terhadap zat pembersih alkohol dan amonia.
  5. Pencetakan dan pelabelan pada produk tidak akan digunakan seiring waktu dengan paparan bahan kimia pembersih yang sering digunakan saat membersihkan microphone. Harap hindari kontak dengan pencetakan atau label yang berisi informasi keselamatan atau operasional. Jika Anda tidak sengaja melakukannya, segera lap dengan kain kering setelah digunakan.

DISCLAIMER: Meskipun Shure telah mencoba meniru microphone dalam pengujian metode yang dijelaskan di sini, perhatikan bahwa kami tidak dapat menjamin produk spesifik Anda aman sepenuhnya, bahwa penggunaan melalui jangka panjang maupun sering yang tidak dapat berpengaruh pada efektifitas pengunaan microphone itu sendiri.
Tip Umum tentang Membersihkan Mikrofon (ini adalah versi dari FAQ sebelumnya.)

 

Dynamic Microphones

Cara terbaik untuk membersihkan microphone adalah dengan melepas grille. Sebagian besar grille microphone vokal terbuka begitu saja, misalnya, SM58, Beta 58. Jika grille tidak mudah terlepas, goyangkan perlahan sambil menariknya dari cartridge. Jangan menarik dengan kencang atau dengan tenaga berlebihan, karena dapat merusak cartridge atau memisahkannya dari rangka microphone. Setelah grille dilepas, dapat dibersihkan secara menyeluruh tanpa merusak microphone. Karena sebagian besar grille sama layaknya seperti tubuh manusia, air biasa sudah cukup untuk membersihkan microphone. Untuk menghilangkan material lain yang menempel di grille, gunakan sikat gigi yang lembut. Model yang sama, windscreen foam dapat dilepas dari grille, tetapi hal ini biasanya tidak diperlukan karena air tidak akan merusak grille. Sebagian besar grille microphone Shure memiliki lapisan nikel yang membuatnya tahan terhadap karat, dan untuk mengganti windscreen foam juga sulit dan memakan waktu yang cukup lama.

Hal terpenting untuk diingat adalah: biarkan grille benar-benar kering sebelum memasangnya kembali ke microphone! Microphone tidak menyukai air, dan meskipun dynamic microphone dapat menahan sedikit kelembapan, windscreen foam yang basah akan mengeluarkan lebih dari yang didapat. Pengeringan dengan udara adalah cara terbaik untuk mengeringkan grille, begitu juga pengering rambut dengan pengaturan panas rendah yang dapat digunakan. Berhati-hatilah agar tidak terlalu dekat dengan grille karena panas yang berlebihan dapat melelehkan beberapa bahan dari windscreen.

Pembersihan harus dilakukan dengan lebih hati-hati untuk microphone yang memiliki grille yang tidak dapat dilepas, misalnya, SM57, 545. Dengan menggunakan sikat gigi basah, pegang microphone secara terbalik dan gosok grille dengan sangat lembut. Menahan microphone secara terbalik akan mencegah kelebihan kelembapan yang bocor pada microphone cartridge. Teknik ini juga berguna untuk membersihkan busa yang menutupi diafragma di dalam SM58. Sekali lagi, jaga mikrofon tetap terbalik, dan lakukan dengan sangat lembut.

Dalam situasi live yang memiliki banyak tantangan saat ini, cara membersihkan microphone tidak perlu berpikir panjang. Gunakan obat kumur yang dicampurkan dengan air. Gunakan sikat gigi dan memegang microphone secara terbalik untuk menggosok grille microphone. Paling tidak, teknik ini akan membuat microphone lebih wangi daripada sebelumnya. Pastikan juga sistem suara dimatikan sebelum pembersihan dimulai!

 

Condenser Microphones

Karena sifat microphone kondensor yang lebih halus dan bersifat sensitif, jangan pernah menggunakan air atau cairan lain untuk melakukan pembersihan. Bahkan sedikit kelembapan dapat merusak elemen kondensor. Untuk microphone dengan grille yang dapat dilepas seperti Beta 87 atau KSM9, windscreen foam dan grille dapat dicuci seperti dijelaskan di atas. Sekali lagi, grille dan windscreen harus benar-benar kering sebelum dipasang kembali ke microphone. Untuk membersihkan microphone dengan grille yang terpasang permanen seperti SM81 atau KSM 137, gunakan sikat gigi berbulu lembut yang kering dan gosok grille dengan lembut. Jaga microphone agar tetap terbalik sehingga partikel yang terlepas menjauh darinya. Berhati-hatilah agar bulu sikat tidak tersangkut di grille. Teknik ini juga bekerja dengan baik untuk lavalier dan microphone gooseneck.

Untuk microphone kondensor akan mengalami kondisi yang begitu sulit, seperti pengaplikasian pada vokal dan teater, disarankan untuk menggunakan windscreen foam eksternal yang dapat dilepas. Ini akan melindungi microphone dari air liur dan riasan make up, serta dapat dilepas dan dibersihkan dengan sabun dan air setelah pertunjukan selesai. Ingat, jangan pernah menempatkan air di dekat elemen kondensor!

Related News