Daftarkan email anda untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

Language

News &Updates

Tingkatkan Performa Bernyanyi Di Atas Panggung Dengan In-Ear Monitor

02 Februari 2016

In-Ear monitor adalah sebuah alat untuk memonitor suara yang didesain agar pas terpasang di telinga penyanyi. Meskipun berukuran kecil, namun kemampuan alat ini untuk meningkatkan kualitas audio hasil mixing dari sound engineer hingga ke telinga penyanyi (vokalis) dapat memberikan perbedaan yang signifikan pada performa sang penyanyi di atas panggung.

Umumnya in-ear monitor berbentuk rangkaian menyerupai penyumbat telinga (ear-buds) dan penggunaannya masih harus dilengkapi dengan sebuah transmitter system yang berfungsi sebagai amplifikasi untuk menambah power pada in-ear monitor. Transmitter system ini harus dibeli secara terpisah.

In-Ear Monitor Menunjang Performa Penyanyi

Ketika anda tampil bernyanyi di atas panggung dengan iringan alat musik lengkap, semakin jelas anda dapat mendengarkan vokal anda sendiri maka performa andapun akan semakin baik. Jika anda pernah atau sering bernyanyi di kamar mandi, pernahkan anda sadari bahwa bernyanyi di ruangan kecil ini sambil menjalani aktivitas pribadi anda terasa sangat mudah? Penyebabnya bukan hanya karena anda bernyanyi tanpa audiens, namun refleksi suara yang dihasilkan oleh ruang kamar mandi membuat suara vokal anda terdengar sangat jelas sehingga anda tidak perlu bernyanyi secara berlebihan ataupun lepas dari kunci nada.

Begitupun ketika tampil bernyanyi di atas panggung, jika dapat mendengar vokal sendiri dengan jelas maka anda akan lebih mudah menjaga kualitas suara dan terhindar untuk bernyanyi secara berlebihan karena bersaing dengan suara alat-alat musik atau instrumen lainnya.

Meskipun seorang penyanyi profesional dituntut untuk mampu bernyanyi tanpa alat monitor, namun tetap saja dibutuhkan kondisi yang optimal dimana representasi performa anda terproyeksi langsung ke pendengaran anda tanpa halangan.

In-Ear Monitor Vs. Stage Monitor

Stage monitor adalah alat monitor berbentuk speaker yang diletakan di depan panggung. Monitor ini di desain agar dapat didudukan persis diujung depang panggung dengan angle yang tepat menghadap ke arah penyanyi. Sound man dapat mengatur volume dari masing-masing alat musik dari band pengiring yang akan didengar oleh vokalis melalui stage monitor ini.

Menggunakan stage monitor akan menjadi masalah jika sound man tidak memiliki kapabilitas yang memadai untuk mengirimkan hasil mixing audio yang sesuai dengan kebutuhan vokalis melalui monitor ini. Kelemahan lainnya berupa gangguan atau terjadinya tumpang tindih suara dari monitor alat musik lain dan dari keseluruhan sound system yang menyebabkan vokalis akan kesulitan untuk mendengar suara vokal mereka sendiri lewat stage monitor. Selain itu, untuk penggunaan di panggung yang berukuran sangat besar, tidaklah mungkin memasang stage monitor di sepanjang panggung, akibatnya gerakan vokalis akan sangat terbatas agar dapat terus mendengarkan suara vokalnya dari stage monitor.

Dengan In-Ear monitor, anda dapat mendengarkan vokal anda dengan jelas dan tidak mengalami kendala harus bersaing dengan suara dari instrumen lain diatas panggung. Menggunakan in-ear monitor anda seperti memiliki stage monitor mini yang terpasang persis di rongga pendengaran anda, dengan demikian andapun bebas bergerak dan berekspresi ke seluruh sisi panggung selama penampilan anda.  Selain itu, in-ear monitor dapat memberikan kualitas suara dan rentang frekuensi yang jauh lebih baik dibanding stage monitor.

Namun bukan berarti penggunaan in-ear monitor tidak memiliki kekurangan. Bisa saja sound man mengacaukan mixing suara yang dikirim ke in-ear monitor, atau lebih parahnya lagi mereka bisa merusak pendengaran anda jika secara tidak sengaja mengirimkan sinyal yang sangat nyaring melalui transmitter.

Memilih Tipe dan Ukuran In-Ear Monitor

Ada berbagai tipe in-ear monitor untuk berbagai kebutuhan yang berbeda tergantung dari instrumen yang digunakan dan jenis venue dimana anda akan tampil. Agar anda tidak salah dalam memilih in-ear monitor yang tepat, pahami dulu fitur-fitur utama apa saja yang anda butuhkan dari in-ear monitor yang akan anda beli untuk menunjang performa anda secara spesifik.

Dari segi ukuran, tersedia in-ear monitor dengan ukuran universal maupun in-ear monitor dengan ukuran yang dapat dikustom.

Jika anda masih pemula atau ada keterbatasan dalam hal bujet, cukup beli saja in-ear monitor yang sudah tersedia di pasaran dengan ukuran universal. Kelemahannya memang memungkinkan alat ini tidak menutup pendengaran anda dengan sempurna sehingga ada kebocoran suara lainnya dari luar.

Jika tidak ada masalah dengan bujet, sebaiknya pilihlah in-ear monitor yang dapat dikustom agar sesuai dengan rongga telinga anda.  Ear-plugnya akan menutup rongga telinga dengan sempurna sehingga anda tidak terganggu dengan suara lain dari luar.

Jika anda masih tergolong penyanyi pemula atau lebih banyak tampil di venue yang berukuran kecil, terutama venue yang menuntut anda untuk berinteraksi dengan penonton, sebaiknya pilihlah in-ear monitor yang bertipe ambient monitor. Ambient monitor memiliki sebuah portal suara khusus yang berfungsi untuk menyalurkan sedikit suara dari luar agar anda dapat mendengar suara penonton dan berinteraksi dengan mereka.

Kualitas Suara/Audio

In-Ear monitor dapat memiliki beberapa driver. Tergantung bagaimana tingkat kualitas audio yang ingin anda dengarkan melalui in-ear monitor, dapat anda tentukan dengan memilih konfigurasi-konfigurasi yang berbeda.

Anda dapat memilih jenis audio yang ringan dan jelas atau jenis audio dengan rentang frekuensi penuh termasuk tone yang dalam dan ngebass. Semakin besar rentang frekuensi yang anda inginkan akan semakin banyak jumlah driver yang harus diinstal pada in-ear monitor, andapun harus mengeluarkan uang lebih untuk itu.

Transmitter dan Receiver System

In-Ear monitor tidak bermanfaat tanpa dilengkapi transmitter dan receiver system. Transmitter berfungsi untuk mengirimkan suara dalam bentuk sinyal radio yang akan diterima oleh receiver yang terhubung ke in-ear monitor.

Pemasangan sistem in-ear monitor ini tergolong mudah. Pertama hubungkan transmitter ke soundboard menggunakan kabel ¼ inci. Kemudian hubungkan in-ear monitor ke receiver pack yang dapat anda jepitkan di ikat pinggang, waistband atau dibagian mana saja yang nyaman buat anda.

Beberapa venue ada yang sudah terpasang transmitter system siap pakai sehingga anda tidak perlu repot membawa sendiri. Tapi jika venue tidak menyediakan, jangan lupa untuk konsultasi terlebih dahulu dengan sound man yang akan bertugas untuk memastikan bahwa ia sudah terbiasa bekerja dengan in-ear monitor untuk menghindarkan resiko mixing suara yang salah di monitor anda.


Shure PSM Series, memberikan pilihan in-ear monitor system yang lengkap dengan kualitas audio yang jernih, cocok untuk penyanyi profesional maupun pemula.

Related News